SELAMAT DATANG KAWANKU

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN SEMOGA BERMANFAAT.

Rabu, 20 April 2011

Biaya UNAIR 2011 "NAIK"

saat ini merupakan hari ke-3 ujian nasional siswa SMA se-derajat yang serempak dilaksanakan secara nasional. ancang-ancang untuk melanjutkan ke perguruan tinggi tentunya sudah dipersiapkan sejak awal. perjuangan adek-adek SMA tidak hanya sampai disini, mereka masih harus gelisah menunggu hasil pengumuman kelulusan dan mendaftar di perguruan tinggi yang diinginkan.


namun sungguh ironi apabila disaat-saat genting ini, ditengah-tengah berbagai macam permasalahan ekonomi, justru beberapa perguruan tinggi di Surabaya berencana menaikkan biaya pendidikan di universitasnya. sebuah permasalahan baru tentunya bagi masyarakat umum dan masyarakat kelas menengah kebawah khususnya. kenaikan biaya pendidikan juga tidak dibarengi dengan keterbukaan pihak universitas. berbagai spekulasi bermunculan.

sebagai contoh adalah universitas airlangga di surabaya, dimana beberapa waktu terakhir sering ditemui pemberitaan mengenai kebijakan didalam lembaga ini yang ditayangkan oleh media cetak maupun elektronik. lalu timbul pertanyaan, "ada apa dengan universitas yang notabene adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia?"
sungguh mengejutkan memang, bila kenaikan biaya pendidikan sebesar 30% hingga 100% dari tahun lalu. dan angka ini selalu meningkat disetiap tahunnya. terhitung sejak tahun 2008. apakah bidang pendidikan merupakan ladang bisnis baru yang menggiurkan? banyak sekali ditemukan kebijakan-kebijakan yang cenderung lebih pada komersialisasi pendidikan. kemudian para mahasiswa unair yang tergabung dalam berbagai komunitas/organisasi yang peduli akan keselamatn pendidikan dan rakyat berusaha untuk menggagalkan dan menolak rencana kenaikan biaya pendidikan di kampusnya dengan cara aksi turun kejalan menemui rektor mereka, demi adik-adik calon mahasiswa baru yang berkeinginan untuk menimba ilmu disana, serta pada masyarakat umum supaya memahami bahwa pendidikan merupakan hak bagi rakyat, dan negara yang bertangungjawab atas pendidikan rakyatnya.

semoga adik-adik kita, para pemuda generasi bangsa ini mampu terus memperjuangkan hak-haknya, termasuk memperoleh pendidikan. dan harapan kita semua adalah yang terbaik untuk Ibu Pertiwi serta anak bangsanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar