SELAMAT DATANG KAWANKU

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA DAN SEMOGA BERMANFAAT.

Sabtu, 23 April 2011

Sistem Kasta di India

pada kehidupan Hindu umumnya, dan masyarakat India khususnya mengenal istilah kasta dalam menjalani kehidupan sehari-hari. dari sistem kasta inilah, sehingga masyarakat Hindu atau India dikenal tertutup secara sistem teologi atau kepercayaan.

adapun susunan kasta tersebut yaitu;

- Kasta Brahmana : Kasta Brahmana adalah kasta tertinggi yang ada di India atau agaman Hindu. dalam kehidupnnya seorang Brahmana harus menjalani 4 tingkatan yang wajib dilalui, yaitu;
  • Brahmatsarja : dimana bagi anak kasta brahamana yang akan dinobatkan menjadi brahmana melalui proses upacara setelah diberikan benang suci atau munja.
  • Grahasta : pada tingkat ini setelah anak Brahmana belajar, mereka kembali kepada orantuanya untuk dinikahkan dan menjalani kehidupan grahasta. bagi mereka yang m,enjalani tingkat ini disebut Grahasti.
  • Vanaprasta : dimana pada tingkat ini seorang Brahamana harus meninggalkan rumah, istri, serta anaknya untuk hidup mengembara untuk mendapatkan makna hidup yang sesungguhnya.
  • Sanyasa : pada tingkat ini adalah tingkat terakhir bagi Brahmana, dimana bagui mereka yang menjalani harus benar-benar tidak peduli dan meninggalkan berbagai kesenangan atau kehidupan duniawi.

- Kasta Ksatriya : dimana pada kasta ini terdapat aturan-aturan yang mengikat didalamnya. misal;
  • seorang raja tidak boleh memungut pajak yang terlalu memberatkan rakyatnya.
  • raja haru menjaga keamanan dan ketentraman kerajaannya.
  • seorang raja harus melindungi orang-orang kasta brahmana dari segala kekurangannya.
  • raja kasta Ksatriya harus memiliki penasehat yang berasal dari kasta Brahmana yang mengetahui dan memahami isi dari kitab Veda dan Dharmasastra.
- Kasta Waisya : kasta ini bertugas memakmurkan negerinya. dimana tugas utamanya adalah menyelenggarakan kehidupan dalam bidang pertanian, peternakan, dan perdagangan.

- Kasta Sudra : Kasta ini adalah kasta paling rendah yang ada di India atau agama Hindu. tugas utamanya adalah melayani segala sesuatu dari kasta-kasta diatasnya. disisi lain, orang-orang Sudra mengalami diskriminasi karena tidak boleh membaca atau mengetahui isi dari kitab Veda. kemudian secara profesi, kaum Sudra harus bekerja turun temurun sesuai dengan garis keturunannya dan tidak boleh berganti profesi diluar garis keturunannya.

demikian sedikit gambaran mengenai sistem kasta yang ada di India ataupun agama Hindu. apabila ada kurangnya, silakan kawan-kawan untuk berkomentar memberikan argumentasi atau pun pembenarannya. semoga bermanfaat dan terima kasih.

1 komentar:

  1. salam kenal
    bolehkah saya mengambil data dari blog ini untuk saya jadikan laporan untuk tugas saya?

    BalasHapus